Selamat datang para Pelapor LLD

Sulit/malu share masalah laporan Lalu Lintas Devisa oleh perusahaan ke pegawai Bank Indonesia, ini tempat yang asik untuk share/berbagi kemudahan dalam laporan LLD

Rabu, 28 Januari 2009

Pencatutan Nama Bank Indonesia

JAKARTA - Taktik pencatutan nama Bank Indonesia (BI) kerap kali dijadikan kedok si penipu. Kali ini digunakan untuk meminta data arus lalu lintas devisa (LLD).

Modus si penipu mengatasnamakan BI C.Q Tim Statistik dan Monitoring LLD, guna meminta secara detail data atau informasi transaksi LLD. Sasarannya adalah perbankan dan masyarakat pengguna jasa perbankan. terutama perusahaan.

Si penipu cukup cerdik dan kreatif. Dengan perbagai upaya kejahatan perbankan yang kian varitaif, si penipu selalu mengelabui sasaran. Upaya penipuan yang telah terjadi belakangan ini diawali dengan adanya pihak yang menghubungi perusahaan nasabah bank tertentu dan mengaku sebagai petugas LLD BI.

Selanjutnya pihak tersebut meminta detail data nasabah seperti nomor rekening bank, nama dan spesimen tandatangan nasabah serta contoh surat perintah transfer nasabah kepada bank.

Dengan informasi yang telah diperoleh, pihak tersebut memerintahkan atau mengirimkan surat perintah kepada bank untuk melakukan transfer dari rekening nasabah perusahaan ke suatu rekening tertentu.

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mengingatkan kepada perbankan dan masyarakat pengguna jasa perbankan agar meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati dalam memberikan data informasi secara detail terkait dengan pelaporan kegiatan LLD," ujar tim humas BI, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, rabu (2/8/2008).

Sebab, data tersebut dapat dimanfaatkan dan disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan. "Masyarakat diminta selalu melakukan konfirmasi kepada bank maupun BI, jika terdapat pihak yang mengatasnamakan BI Cq Tim Statistik dan Monitoring LLD," tegas BI

(okezone pada tanggal Rabu, 2 Juli 2008 - 09:08 wib)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar